Borneo

Hi!

So I know I haven't finished my report on the Jogja trip, yet now I already have sooooo many things to tell again from my current stay in East Kalimantan.

Yes.

Flashback to one or two month ago, I accepted the offer to play in Kutai Kartanegara's women softball team for this year's PORPROV, which stands for Pekan Olahraga Provinsi. At the time I received the offer, I only think of all the opportunities to know more about regions in my country, and to take a short holiday before KKN began. Turns out the experience gave me so much more. More or less now, it's been a week since I came here and get to know the people I'm playing with. So far, it's a really fun and thoughtful experience.

Yang namanya Indonesia itu luas, beragam, dan macem-macem orangnya itu bener-bener kerasa banget disini. Semuanya baik-baik banget, despite the high tone in their accent. Kayak..... gw bahkan ga perlu bener-bener berusaha untuk bonding sama tim ini. It's easy to blend in with all the girls, yang ternyata rata-rata seumuran sama gw. Mereka ngasih tau kita tempat-tempat yang enak makanannya, yang beken, dan mereka mau kita repotin dengan nitip-nitip makanan.

Awal gw sampe disini, itu nggak langsung turnamennya. Sampe sekarang aja gw belom mulai main. Awalnya tuh kita dari bandara Balikpapan, ke kampung atlit tempat TC dilaksanain. Letaknya tuh bener-bener jalan kaki banget dari stadion sepakbola nya Mitra Kukar, Stadion Aji Imbut. Dan yang namanya perjalanan dari bandara ke tempat itu tuh jauh. Jauh banget. Tapi gw justru ga tidur di jalan. Banyak yang bisa gw liat dari perjalanan itu. Pohon-pohon yang masih banyak, kanan-kiri hutan, rumah-rumah yang masih humble dan rakyatnya yang seakan mandiri, nggak perlu banyak Indomaret - Alfamart, mereka juga bisa nyediain kebutuhan-kebutuhan tersebut melalui usaha sendiri. Terus gw juga liat hutan-hutan tropis yang masih banyak ketutup belukar pohon-pohonnya, tapi di tengahnya ada jalan yang memotong dari Balikpapan, ke Samarinda, terus akhirnya ke Kutai Kartanegara. Nah, dari Kutai ini perjalanan gw masih terus lagi. Ada dua sisi gitu. Sisi satu, yang gw singgahi selama TC, itu kayaknya pinggiran kotanya. Kalau mau ke tengah kotanya, ke Tenggarong, harus nyebrang dulu pake feri. Kalo dari tempat gw, ngelewatin pulau Kumala, di tengah-tengah Mahakam. Tadinya sih ada jembatannya yang ngehubungin Tenggarong dengan tempat gw TC, cuma baru-baru ini jembatannya roboh dan masih dalam perbaikan.

And they were right to say that this land is one of the richest land in Indonesia. Mobil dan motor everywhere. Gw liat angkot tuh cuma kadang-kadang doang. Bahkan di Samarinda, kota besarnya, cuma seuprit. Kata temen yang disini sih, angkutan umum tuh udah jarang karena orang-orang lebih milih buat punya kendaraan pribadi. Kayak mobil, yang banyaknya kayak city car mahal gitu. Trus motor. Motor banyak banget dimana-mana motor kayak Bandung. Jadi disini akses gw kalo mau kemana-mana itu agak susah. Selama TC di kampung atlit itu, gw cuma dua kali nyebrang. Sekali waktu ke kantor Bupati (yang gede like, GEDE banget) buat pelepasan atlit, trus yang kedua kalinya sama temen-temen dari Bandung, kita makan di resto Coto Makassar yang emang udah dikenal enak. Apart from that, selama TC kerjaan gw itu literally tidur, bangun pagi, latihan pagi, mandi, sarapan, leyeh-leyeh, makan siang, leyeh-leyeh, latihan sore, mandi, makan malem, leyeh-leyeh, meeting, trus tidur lagi. Leyeh-leyehnya biasanya ada waktu ketika pengen pentol, atau baso tusuk, di deket tempat makan rame-rame, beli Teh 2 Daun (wkwkwk), nonton film, main kartu, atau yaudah bobo cantik sambil buka hape. Tapi berat gw ga nambah. HAHAHA.

Sekarang gw lagi di Samarinda, di hotel JB pas di pinggir sungai Mahakam, dan cuma berjarak 10 menitan jalan kaki ke lapangan tempat gw nanti main. Semalem gw ikut Kak Ela, team captain sekaligus orang Kaltimnya buat ke Indomaret. Belanja HAHAHA soalnya kalo beli di warung depan hotel, harganya dinaikin karena kita dianggep orang Kukar, bukan Samarinda. Huft. Itu malem-malem kan, sekalian ke rumah Kak Ela dia ngambil barang. Naik motor. Trus baru deh gw liat kota nya Samarinda. Mallnya ada baanyak, dan deket-deketan semua. Tapi ya potongannya agak nggak kayak mall sih, kalo dibandingin sama Bandung - Jakarta. Tapi tetep ada. Trus yang gw liat di daerah kota-nya itu juga banyaknya kantor-kantor pemerintahan, sama ngelewatin juga rumah dinas bupati-nya. GEDE. BANGET. Kayak istana negara. Gileeeeee.

I haven't really met any much of an interesting situation to tell, paling juga betapa gw baru nemu orang kayak Ade yang petakilannyaaaa ga ada tandingan. Gatau malu banget juga lagi huahaha. And I'm getting tan. Ga gitu keliatan sih kalo elu ngeliatin mulu tiap hari. Tapi yha. Tetep aja. My already dark skin has become a lot darker now. Disini udaranya kalo panas, panas banget. Engap juga, karena daerah tropis dan deket khatulistiwa. Cuma kalo lagi adem, lagi mendung, itu kayak Bandung. Dingin-dingin enak gitu. Tapi sekalinya ujan, udaranya balik jadi engap lagi. Anginnya dikit, trus panas deh pokoknya tapi ga ada mataharinya. Gitu.

 I enjoyed myself a lot here, but I still miss home so much. I miss Bandung and all its freaking traffic. I miss Tangerang. I miss my mom, dad, my family. And I also miss my friends. I have so many things to catch up back home.

Wish us luck for the game!

Komentar