Saija, Dan Empat Judul Lainnya

SO! For those who didn't know, Saija adalah salah satu lagu baru The Trees and The Wild, disingkat TTATW. Siapa itu TTATW? Mereka awalnya adalah tiga orang gitaris kece dengan satu yang suaranya super charming kayak vokalnya Kings Of Convenience. Meski sekarang udah reshuffle dan denger-denger, ada satu yang mundur dan backingan cewek mereka, Charita, sekarang masuk jadi personil tetap. Huehue.

It's been quite a while since Agra told me about The Trees and The Wild's newest songs that they often played on their various gigs in and out of country. She basically told me about this pile of videos she found on Youtube regarding their newest songs being played live. I've just checked them out recently though.

Seriously, I got shivers running down. Agila gila pertama dia ngasih liat gue video waktu mereka perform di Sabuga, April 2012 lalu. Yang kebetulan direkam lagunya waktu itu Empati Tamako. Dan Ya Tuhan gw langsung jatuh cinta sama lagunya. Tumbenan mereka pake lirik bahasa Indonesia kan, terus Remedy juga nyanyinya nggak terlalu mumbling jadi gw bisa nangkep sebagian liriknya. Meski kebantu bangetnya karena ada Charita nyanyi juga sih. Petikan gitarnya lembut banget, terus bener bener kedengeran kayak gitarnya yang jadi main attraction alongside with the vocals. Bagian yang gw suka disini itu waktu verse kedua :

"Dan kau akan terdiam, bertanya dalam hati kapan ini 'kan berakhir, dan terbawa sampai ufuk timur terjauh."

Terus mungkin udah khasnya mereka ya, ending lagu tuh tensinya selalu naik. Di Empati Tamako ini juga nggak ada bedanya. Bagian gitar terakhirnya itu bener bener kalo gw denger live, pasti udah jejingkrakan atau teriak-teriak histeris saking gila banget.

NAH! Kalo di Saija, dari awal gw udah dibikin merinding dengan vokal choir 'mari menari' berulang-ulang. Creepy-creepy gimana gitu. Tapi enak. Suka. Terus pas sebelum vokalnya masuk ada part dimana gitarnya kayak berenti-berenti, part dimana di salah satu video mereka yang masih ada Iga dia maininnya dengan kepala dan badan goyang ke samping, bukan ke depan. Lols.

Saija ini, dibanding Empati Tamako, jauh lebih banyak instrumental part dimana gitarnya bener bener "aaaaaaaaaa" banget bikin melting bikin nyengir kalo denger. Dan pas vokal Remedy akhirnya masuk, musiknya langsung kayak agak hening gituu. Mana liriknya emang cuma gitu doang kan sekalimat itu diulang. Jadi nyentak banget dengernya semacam sedih. Apalagi kalau tau cerita dibalik lagunya. Cerita Saija dan Adinda yang ditulis Multatuli. Diikutin sama petikan gitar yang satu-satu gitu, awalnya sendiri trus lama-lama diikutin sama drum sama vokal Remedy. Duh Remedy.

Oh iya, lirik Saija itu bener-bener cuma sekalimat tok mentok diulang-ulang aja. Ini nih :

"Saija remuk, dan dia 'kan sadar yang tak diam dengannya hanya waktu."

Kalo nggak salah pernah gw tweet deh waktu pertama bener-bener gw dengerin lagunya. Lolss. Selain Saija sama Empati Tamako, sebenernya masih ada, kalo gw nggak salah, 2 lagu baru lain yang sempet mereka mainin di beberapa gigs dan ada yang naro linknya di tumblr fans TTATW, cuma gw belom sempet dengerin. Abis ya Saija sama Empati Tamako aja udah bikin gw ber-kyaa kyaa sendiri kalo denger...... pengen nonton live belom juga kesampaian nih hiks.

Intinya, coba deh dengerin TTATW. Pasti suka :3 #EH

Komentar