Cita-cita

Dulu, waktu kita masih kecildan berlanjut sampai sekarangkita pasti sering ditanyain:

"Cita-citanya apa?"

Saya inget banget, dulu waktu masih kecil bilangnya mau jadi guru. Atau dokter. Jawaban khas anak kecil banget deh.

Dulu juga, kita kayaknya gampang banget ngejawab pertanyaan itu, tiap kali ada yang nanya. Tinggal ceplos, nyengir polos, and then done. Sehabis itu yang menanyaorang-orang tua, biasanyapasti langsung nyengir lebar, terus nepok-nepok entah kepala atau pundak kita, terus ngomong blablabla yang sering banget diucapin.

Kalau sekarang....

Saya ngerasain banget, susahnya ngejawab satu pertanyaan simpel itu.

Rasanya jawaban yang keluar dari mulut kitabakal jadi acuan orang-orang akan diri kita nantinya. Jadi sesuatu yang bener-bener harus dikejer, padahal mungkin sebenarnya kita masih bimbang akan jawaban kita sendiri. Bahwa sebenarnya apa yang kita ucapkan sebagai jawaban itu bukan keputusan final, tapi orang-orang mengira bahwa apa yang kita jawab ke mereka itu keputusan final.

Cita-cita saya, sedari dulu, adalah keliling dunia. GRATIS #gamaurugi

Saya mau keliling dunia, jalan-jalan dibayarin, jalan-jalan ditemenin, pokoknya mau tahu dunia, tapi maunya gratis. Kurang ajar memang, tapi kalau bener bisa kan asik abis. Gara-gara ada turnamen di luar negeri, gitu. Atau gara-gara kerjaan, mesti meeting sama ini disini, mesti ngurus itu disitu, mesti ngerjain sesuatu di suatu tempat. Pokoknya begitu deh.

Pokoknya saya mau jalan-jalan. Dan saya nggak mau cuma sekedar jalan-jalan. Saya mau mengerti setiap bahasa dari negara yang saya kunjungi nantinya. Saya mau bisa berinteraksi, saya nggak mau jadi kambing congek atau orang cengo yang kerjanya cuma bisa diem nungguin orang yang ngerti bahasanya ngejelasin ke saya. Saya nggak mau. Interaksi macam itu kurang enak. Nggak praktis.

Nah. Supaya saya bisa berleha-leha menikmati hidup dengan keliling dunia GRATIS, pertama saya harus masuk Teknik Industri ITB. Atau DKV ITB, atau Psikologi UI. Iya, saya tahu tiga bidang itu nggak ada yang nyambung.
Terus, di semester dua kalau saya keterima di Teknik Industri ITB, saya mau coba ambil jurusan lain. Sastra Jepang. Iya, saya tahu saya memang nekat.

Terus, saya juga harus latihan softball. Harus rajin. Biar bisa kepilih jadi pitcher Indonesia, biar bisa ikut turnamen dimana-mana. Biar bisa jalan-jalan keliling dunia.

Panjang, memang. Dan pasti nggak segampang saya mengatakannya, secara saya adalah tipe orang yang "no action talk only."

Tapi layak dicoba, kan?

Komentar