Ryokubita

Jadi ceritanya, saya baru buka Wiki-nya Ryokubita. Right here, douzo.

Actually, I've been aware to it since Ndhez-neechan (ihik, abis dia lebih tua dari saya :3) gave the link to Tyas and Jahe. Gw inget, gw paporitin waktu buka di Mobile Tweete biar bisa dibuka kalo online di komputer. Eh ternyata gw ga inget. Baru ngeh lagi pas tadi Kak Ndhez bilang mau ngerjain si Ryoku Wiki lagi. Gw--yang sudah melupakan si tweet yang sudah nangkring di page favorites--dengan begonya malah nanya lagi, minta linknya. Eheh, gomen ne neechan, batal minta =)) /ditimpuk

Kan waktu gw liat tweetnya Kak Ndhez itu pas online di Mobile Tweete, terus pas inget si tweet yang udah kepaporitin itu juga pas lagi di hape. Kan sepengetahuan saya waktu itu, si inet masih mati, jadi saya buka dulu aja dari hape.

Saya langsung nyengir di tempat. Gelap-gelap. Di kasur.

Dalem hati, saya bangga lho. Saya seneng Ryokubita punya halaman Wiki sendiri. Ihik. Serasa liat anak sendiri jadi beken deh~

Mungkin kalau yang begini IH, reaksi gw ga bakal segini lebaynya. Ga bakal seseneng itu sampe akhirnya rela nyalain komputer, nulis post baru di blog yangbarubaruinigwperhatiinlagi
Kalau RP-an juga--entah kenapa, gw lebih seneng, lebih betah, lebih 'dapet' feelnya kalo RP-an di Ryoku daripada di IH. Apa karena gw punya chara senior? Apa karena gw udah dapet pairing disana?

Well, kata Nana sih gitu. Yang kedua, btw. Yang pertama mah pemikiran awal saya. Semuanya mungkin ada benernya sih. Cuma, setelah saya pikir-pikir lagi, nggak juga ah. Masih ada poin lain yang bikin saya betah RP-ing di Ryoku. For example...

Poin 1 : Setting

Setting--atau latar. Baik itu tempat, ras, waktu--semua. Pertama, mungkin karena dia latar tempatnya itu Jepang, negara kedua yang gw cinta setelah Indonesia, meski belom pernah kesana. Nah, karena gw udah familiar sama latar tempatnya, otomatis lebih gampang buat gw untuk menyukai forumnya. Kalo di IH kan, dia latarnya Inggris. Gw jarang banget, yang namanya browsing tentang Inggris, nonton apa-apa yang tentang Inggris, atau apapun yang berhubungan sama Inggris. Bahasa nggak termasuk ya.
Terus juga, dia kan latar waktunya udah maju, nggak terbelakang kayak IH yang masih berkutat di abad ke-20. Otomatis jadinya lebih gampang buat gw nyusun ceritanya. Karena lebih banyak unsur yang familiar dengan hidup kita sehari-hari. Lebih banyak unsur yang bisa gw masukin, artinya lebih banyak ide yang keluar. Lebih banyak ide yang keluar, feel gw akan si karakter bakal lebih dapet, karena gw bisa bayangin sampe ke detail-detail kecilnya macam aksesoris, baju, gadget, dll.

Poin 2 : Visualisasi

Ini apalagi =)) AMAT SANGAT BERPENGARUH! Dengan visualisasi orang Timur (Jepang, Korea, China) yang notabene sedang sangat hip dan banyak digandrungi remaja labil macam saya, tentu saya jadi lebih cinta sama karakter saya. Makin betah mantenginnya. Makin betah bikinin macam-macam siggy dan icons buat dia. Makin seneng mainin dia.
Mungkin buat beberapa orang, faktor visualisasi tuh nggak terlalu berpengaruh. 'Yang penting kan karakternya', mungkin gitu. Tapi buat saya, itu berpengaruh BANGET. Dengan visu yang eye-catching, saya bakal lebih kepompa buat terus mainin dia. Ngembangin dia. Akhirnya, jadi kepalang jatuh cinta sama dia *ciumin tiga anak*

Poin 3 : Jalan Cerita

Dengan kata lain, alurnya. Jelas ya kalo ini. Di IH kan alurnya, garis besar cerita forumnya udah ditentuin, udah ketauan bakal gimana-gimana nantinya. Selama masih ngikutin alurnya JK Rowling sih, menurut saya jadi kurang seru. Kurang ngagetin.
Beda sama Ryoku. Sampe sekarang saya masih belom bisa nebak gimana itu akhirnya. Siapa yang prota siapa yang anta aja masih belom terlalu ngeh. Baru beberapa karakter yang bisa gw tebak, tergabung dalam anta-nya sebagai 'orang dalam' di Ryokubita.
Nah, kalo ga ketauan gitu kan seneng. Karena alurnya dibuat oleh sesama PM, dan ga sembarang orang tahu, otomatis jadinya lebih ngagetin dong. Lebih ada surprisenya buat member. Dan--kankalokayakgitujadinyamemberbisangacoinalurjuga =)) =)) #jiwanyaingin

Poin 4 : Lingkungan

Lingkungan disini bukan berarti latar main forumnya. Lingkungan disini mengacu pada orang-orang yang terlibat dalam forum. Atau istilah bekennya, para Puppet Master beserta staff sekalian.
Mungkin cuma perasaan gw semata ya, tapi gw ngerasa para PM di Ryoku itu lebih ramah daripada di IH. Dan komunitasnya kayaknya lebih open sama member baru. IMHO sih. Soalnya gw ngerasanya gitu. Member barunya oke, member lamanya juga mau bantuin dan kenalan sama member baru. Apalagi staffnya. Ramah. It's not like I said that IH's staffs are unfriendly or something. I'm sure they're as nice as those in Ryoku. Cuma ya--entah ya. Gw ngerasa beda aja.

Apa karena gw lebih kenal PM-PM di Ryoku daripada di IH? kayaknyasamaajadehlols

Poin 5 : Pairing

Percaya atau tidak, INI JUGA PENTING! =)) =))
Karena tanpa pairing, pasti ada perasaan sedikit males buat mainin chara yang bersangkutan. Atau--nggak usah pairing juga sih. Yang penting charanya dapet partner atau temen in-RP duluan. Atau kita-nya yang berhasil menyeret seorang teman RW kita buat jadi PM, charanya setingkat sama chara kita, dianya juga rajin post. Terus rajin interaksi juga sama chara kita. Nah kan makin betah tuh, jadi di sekolah ada bahan gosipan.
Makanya gw lagi berusaha narikin orang ke Ryoku. Gw ga ngerti Inez sama Nana pada gosipan IH tiap ketemu =)) =))

Gw cuma bisa mikir segitu dulu sekarang. Well, karena gw yakin masih banyak faktor lain yang bikin gw cinta sama Ryoku. Kalo cuma segitu mah, udah sejak Fuyu kelas... 2 atau 3, gw (mungkin) udah bye bye baby sama dia. Ihik, adauntungnyajugadiadideketingikyo xD

Jadi, karena saya udah ga bisa mikir, dan karena ini udah lewat jam tidur dan besok gw ada latihan sama softball SMANITRA jam 7 terus langsung main di rumah Kristo bareng 9L lalu ke candy expo kalo sempet lalu les (sok sibuk banget deh =)) ), saya mengundurkan diri saja sekarang.

Jaa xD

Komentar